JEJAK TRADISI 2018

Diposting pada: 2018-06-29, oleh : Jefricha, Kategori: Prestasi Siswa

Solo, 13 s.d 15 Maret 2018

Alhamdulillah 2 Putra Putri terbaik SMA Negeri 2 Pati lolos dalam mengikuti seleksi Jejak Tradisi untuk dapat melangkah ke tingkat selanjutnya dalam perwakilan daerah di kota Solo, yang dilaksanakan di Hotel Brother, Solo Baru tanggal 13-15 Maret 2018. dua siswa tersebut adalah Idham Ilyas Budhi Mahendra Kelas X MIPA 2 dan Salsabila Ayuning Tiasna Kelas X MIPA 5.

Di hari pertama setelah pembukaan acara, ada presentasi karya tulis yg dibawa oleh peserta atas nama Idham Ilyas Budi Mahendra dan dari Karya Tulisnya berhasil masuk ke 15 besar dengan menulis tradisi Lamporan di Pati. Selanjutnya di hari kedua mereka mengunjungi beberapa tempat yg memiliki tradisi unik. Pertama mereka mengunjungi daerah sentra Jamu Desa Nguter di Kab. Sukoharjo. Daerah yg banyak masyarakatnya adalah pengusaha jamu tradisional dan yg terbesar adalah Bisma Sehat. Mereka berkesempatan untuk belajar tentang bisnis, pengolahan, dan mecoba jamu. Mereka bernaung dalam KoJai. Luar biasa adalah usaha mereka dalam mempertahankan jamu tradisional di bawah gempuran obat obat kimia.

Setelah itu mereka melanjutkan ke Kampung wayang Manyaran di Wonogiri. Pertama mereka disuguhi pertunjukan wayang dengan lakon Gatotkaca kusumo yudho oleh dalang Pandam Aji yang masih kelas 3 SMP. Setelah menonton pagelaran wayang dan tanya jawab dilanjutkan dengan dialog dan melihat cara tata sungging wayang kulit. Pengemasan kampung wisata ini menarik dan mereka terlihat punya usaha nyata dalam membangun kelestarian tradisi. Disini merekai disuguhi dengan sayur lombok dengan santan ditambah lauk iwak kali (ikan sungai) dan nikmatnya bikin nambah. 

Kunjungan terakhir mereka adalah ke omah wayang topeng di klaten. Mereka disuguhi dengan pentas tari topeng. Dan uniknya pemain topeng disini adalah dalang. Sehingga pagelarannya dinamakan wayang dalang topeng. Sayang yg bikin topeng tinggal satu yg tersisa.

Kemudian dilanjutkan malamnya para peserta menyusun laporan kunjungan dalam bentuk powerpoint. dan Hasil dari Presentasi tersebut, salah satu perwakilan dari SMA Negeri 2 Pati atas nama Idham Ilyas Budhi Mahendra berhak melanjutkan ke Tingkat Regional yangakan dilaksanakan pada tanggal 3 sampai dengan 5 April 2018 di Kota Malang, semoga perwakilan dari SMA negeri 2 Pati dapat melanjutkan ke Tingkat Nasional.amin...

Sumber dan Pembimbing Jejak Tradisi = Ragil Haryo Yudiartanto
 pembimbing PembantuIbu Sri Andayani & ibu Nana R. Swandani

SMANDAPA JAYA!!!


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id
Apakah Website Sekolah ini bagus ?
Bagus sekali
Bagus
Kurang Bagus
 
Total Hits Halaman
Total Pengunjung
Hits Hari Ini
Pengunjung Hari Ini
Pengunjung Online

Komunitas Edukasi

Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id